widget

Tuesday, November 12, 2013

Sistem Peredaran Getah Bening



Getah Bening ( LIMFA )


Pengertian Limfa (Getah Bening)
Limfa merupakan limfoid terbesar pada tubuh manusia yang letaknya berada diantara diafragma dan lambung yang berwarna ungu tua. Limfa merupakan  kelenjar tanpa saluran (ductless) yang menghasilkan cairan tubuh dan berhubungan erat dengan sistem transportasi serta berfungsi menghancurkan sel-sel darah merah yang sudah tua dan mati.

Sistem limfa mempunyai kaitan yang erat dengan sistem peredaran darah. Sistem limfa dibagi menjadi 3 bagian yaitu :
Cairan Limfa
cairan limfa mengandung banyak sel-sel darah putih sehingga berfungsi untuk mematikan kuman-kumanmasuk dalam tubah. komponen cairan limfa yang mengandung zat-zat terlatut seperti glukosa, garam-garam, dan asam lemak. Cairan limfa keluar dari pembuluh darah dan berfungsi untuk mengisi ruang antarsel sel sehingga membasahi seluruh jaringan pada tubuh.
Pembuluh Limfa
Pembuluh limfa terdiri dari dua macam yaitu:
1.       Pembuluh Limfa Kanan (ductus limfaticus dexter)
pembuluh limfa kanan berfungsi untuk menampung cairan limfayang berasal dari kepala dan bagian tubuh sabagian kanan seperti leher kanan, dada kanan, paru-paru, jantung dan lengan kanan. Pembuluh limfa kanan akan bermuara pada vena yang berada di bagian bawah selangka kanan.
2.       Pembuluh limfa kiri  atau pembuluh limfa dan dada (ductus thoracisus)
Pembuluh limfa kiri berfungsi untuk menampung cairan limfa yang berasal dari kepala bagian bawah sebelah kiri, seperti leher bagian kiri, dada kiri, dan lengan kiri beserta tubuh bagian bawah. Pembuluh limfa kanan akan bermuara pada vena yang berada di bagian bawah selangka kiri.
Selain itu pembuluh limfa kiri juga merupakan tempat berkumpulnya (bermuara) pembuluh-pembuluh lemak atau pembuluh kil. Lemak atau kil inilah yang menyebabkan cairan limfa

Kelenjar Limfa
Kelenjar limfa berfungsi untuk menghasilkan sel darah putih (leukosit) dan mencegah infeksi lanjutan. Kelenjar limfa terdapat disepanjang pembuluh limfa terutama pada daerah di sekitar pangkal paha, ketiak dan leher.
Ciri-ciri Limfa (Getah Bening)
ada beberapa perbedaan yang cukup spesifik antara limfa dengan darah, antara lain sebagai berikut :
1.       sistem limfa berasal dari darah yang keluar dari pembuluh darah
2.       cairan limfa berwarna kuning keputih-putihan menyerupai putih susu
cairan ini disebabkan karena adanya kandungan lemak yang berasal dari usus. hal ini sangat berbeda dengan darah yang pada dasarnya berwarna merah karern adanya hemoglobin pemberi figmen merah pada darah.
3.       limfa hanya tersusun oleh satu sel jenis yang disebut limfosit. hal ini membedakan limfa dengan darah, sebab darah tersusun atas sel darah merah (eritrosit), sel darah putih (leukosit) dan keping darah (trombosit).

limfosit dibagi menjadi tiga kelompok besar , yaitu :
a)      limfosit B
Yaitu limfosit yang berasal dari sel stem didalam sumsum tulang dan tumbuh menjadi sel plasma dan menghasilkan antibodi.

b)      limfosit T
yaitu limfosit yang terbentuk jika sel stem dari sumsum tulang pindah kedalam kelenjar thymus dan mengalami pembelahan serta pematangan. didalam kelenjar  thymus inilah limfosit T berusaha membedakan benda asing dan yang bukan benda asing yang masuk dalam tubuh. limfosit T yang sudah matang atau sudah dewasa akan meninggalkan kelenjar  thymus dan masuk kedalam pembuluh getah bening serta berfungsi menjadi bagian dari sistem pengawasan kekebalan tubuh.

c)       sel-sel pemusnah alami
sel-sel limfosit ini mempunyai ukuran yang agak lebih besar dibandingkan dengan limfosit B dan limfosit T. sel-sel ini dapat memusnahkan mikroba dan sel-sel kanker tertentu secara alami. sel-sel ini akan selalu siap mematikan sejumlah mikroba berbahaya secara langsung setelah sel-sel ini terbentuk tanpa mengalami proses pematangan seperti pada limfsoti B dan limfosit T. selain itu, sel-sel pemusnah alami menghasilkan beberapa sitokinesis atau zat-zat pembawa pesan yang mengatur sebagian fungsi limfosit B , limfosit  T dan makrofag.

makrofag adalah merupakan sel darah putih yang mempunyai ukuran cukup besardan berfungsi untuk mencerna mikroba, antigen dan zat-zat lain yang dianggap sebagai benda asing. antigen merupakan suatu zat yang bisa menimbulkan reaksi atau respon terhadap kekebalan tubuh seperti bakteri, virus, protein, karbohidrat, sel-sel kanker dan racun.

4.       antibodi yang membentuk sistem kekebalan (imunitas) tubuh pada limfa dibentuk oleh limfosit, sedangkan antibodi pada darah dibentuk oleh serum.
5.       kandungan protein yang  terdapat pada cairan limfa jumlahnya lebih sedikit dari pada kandungan protein yang terdapat pada plasma darah.
6.       cairan limfa menandung lemak yang dihasilkan oleh usus sedangkan pada darah yang sehat tidak terdapat lemak.
7.       limfa memiliki jumlah katup atau klep yang lebih banyak dari pada pembuluh darah dari pada bagian sistem saraf pusat.
8.       bagian ujung pembuluh limfa terbuka sedangkan bagian ujung pembuluh darah tertutup.
9.       disepanjang pembuluh limfa tedapat kelenjar-kelenjar limfa (nodus) yang berfungsi untuk menyaring atau mematikan kuman-kuman bibit penyakit yang membahayakan kesehatan tubuh.
fungsi sistem peredaran getah bening
1.       mengangkut cairan tubuh , cairan plasma, sel darah putih yang berada diluar pembuluh darah dan protein dari jaringan tubuh kedalam darah.
2.       menghancurkan kuman dan bibit penyakit.
3.       menghasilkan antibodi sehingga berguna untuk sistem-sistem pertahanan tubuh.
4.       mengangkut emulsi lemak yang berasal dari usus kedalam darah.
Kelenjar-kelenjar limfa yang besar
jumlah kelenjar limfa didalam tubuh kita sangat banyak, bahkan bisa mencapai 600-an kelenjar getah bening dengan ukuran yang bermacam-macam antara sebesar kepala peniti sampai sebesar biji kacang. Namnun yang dapat diraba secara normal pada orang-orang yang sehat hanya terdapat didaerah-daerah tertentu saja seperti di bagian bawah rahang bawah , ketiak dan lipatan paha.
Meskipun demikian ada beberapa kelenjar limfa dengan ukurang yang cukup besar, antara lain sebagai berikut.
1.       Kelenjar limfa yang terletak di lipatan siku, lipatan paha, ketiak dan leher.
2.       Kelenjar limfa selaput lendir usus.
3.       Kelenjar limfa folikel bawah lidah.
4.       Kelenjar limfa pada tonsil amandel dan adenoid.
Beberapa Gangguan atau Penyakit pada Limfa
Beberapa contoh penyakit limfa yang menyerang limfa antara lain :
1.       Limfoma Malignum atau Non Hodgkin Lymphoma (NHL)
Merupakan kanker ganas akibat sel-sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan diseluruh kelenjar getah bening seperti leher,ketiak,lipatan paha, dll.

2.       Limfadenopati
Merupakan sejenis penyakit pada kelenjar getah bening, di mana kelenjar getah bening mengalami pembengkakan yang disertai rasa sakit.

No comments:

Post a Comment